Saudaraku..

Wednesday, October 27, 2010

Mempercepat Koneksi Internet dengan Memanfaatkan Google DNS

Sekarang saya akan menyajikan bagaimana cara “mempercepat” koneksi internet dengan mengubah setting DNS menggunakan Google Public DNS.

Malam ini saya coba untuk mengganti DNS menggunakan Google Public DNS. Ternyata… yang semula saya buka sebuah domain harus pake proxy supaya terlihat, sekarang ga perlu lagi. Langsung dapat dilihat.

Google menyediakan fasilitas DNS untuk umum yang bisa Anda gunakan secara cuma-cuma. Dengan menggunakan Google Public DNS diklaim bahwa browsing akan terasa lebih cepat, keamanan yang lebih baik serta tanpa adanya redirect.

Alamat ip yang digunakan sebagai Public DNS adalah:
Primary : 8.8.8.8
Secondary : 8.8.4.4

Keuntungan memakai DNS Google
Google sebagai sebuah rakasasa pengumpul info-info situs yang mengenali jutaan halaman web baru setiap menitnya tanpa henti. Dengan adanya DNS Google maka ketika kita memanggil suatu halaman situs akan langsung di proses oleh server Google dan di lanjutkan ke server halaman situs tersebut. Hal ini mengurangi latensi dan loncatan dari server ke server.

Anda akan mendapatkan penampilan halaman yang lebih cepat, hasil yang Anda dapatkan akan bervariasi tergantung dari kecepetan Internet Anda.

Untuk rubah DNS Server ISP ke Google Public DNS di Windows 7:
1. Anda ke Control Panel lalu pilih Network and Internet.
2. Lalu pilih Network and Sharing Center.
3. Kemudian pilih Change adapter settings.
4. Arahkan krusor mouse pada icon Local Area Connection, dan klik kanan lalu klik Properties.
5. Kemudian pilih TCP/IPv4 dan klik Properties.
6. Kemudian lihat bagian USE The Following DNS Server Address, di situ ada 2 menu:
* Preferred DNS Server
* Alternate DNS Server
Di kedua bagian DNS Server terdapat seri dns yang di berikan oleh ISP anda, nah sebelum menggantinya dengan Google Public DNS, sebaiknya catat terlebih dahulu DNS dari ISP anda, jikalau suatu saat anda ingin kembali menggunakannya.
Oke setelah itu masukan Publik DNS Google yang ini: 8.8.8.8 dan 8.8.4.4 kedalamnya lalu klik OK.

Sekarang DNS Server anda telah terubah menjadi Google Public DNS di Windows 7. Lalu apakah Google akan menyimpan semua informasi atau data aktifitas anda? Menurut yang saya baca dari “Privacy Policy” mereka, data anda hanya tersimpan selama 48 Jam setelah itu dihapus. Jadi jangan khawatir akan di salah gunakan oleh Google.

0 comments:

Populer

 
Mustain Alibasya Copyright © 2010-2012 Profile Designed by Mustain Alibasya